Pemantauan Kesehatan Struktural adalah konsep yang sangat penting yang telah diterapkan selama beberapa dekade untuk kerja yang akurat dan aman dari semua yang kita lihat di sekitar. Dari membangun gedung-gedung tinggi hingga jembatan jalan raya yang panjang hingga benteng dan makam kuno, semuanya perlu dipantau dengan rencana yang dibuat khusus, akurasi dan keandalan untuk memastikan umur struktur yang panjang.

Kami telah membangun struktur besar seperti bendungan, terowongan, pembangkit listrik, gedung pencakar langit, dan banyak lagi dengan bantuan kemajuan teknologi dan sains. Pada dasarnya dibuat untuk membuat hidup kita lebih mudah, struktur ini perlu dijaga agar tidak mengakibatkan tragedi. Karena struktur ini gagal karena masalah kecil, penting untuk memberikan pandangan yang mendalam dan teliti untuk memastikan keandalan konstruksi yang lengkap.

Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang pemantauan kesehatan struktural, keuntungannya, dan solusi instrumentasi dan pemantauan yang mulus dan stabil.

Mari kita mulai.

Apa itu Pemantauan Kesehatan Struktural?

Mari kembali ke dasar dan tingkatkan pengetahuan kita tentang pemantauan kesehatan struktural. Bagian integral dari pemantauan geoteknik, Kesehatan Struktural mengacu pada kinerja struktur; baik sebelum, selama, atau setelah konstruksi. Ini pada dasarnya dilakukan untuk mengukur lokasi konstruksi serta aset terdekat, memastikan tidak ada yang dirugikan selama proses berlangsung.

Pemantauan Kesehatan Struktural bertujuan untuk memberikan diagnosis pada struktur, memastikannya tetap dalam domain yang ditentukan dalam desain sambil memahami basis data sejarah lengkap dari struktur tersebut. Kerusakan di sini didefinisikan dalam hal perubahan material, sifat geometris, kondisi batas, konektivitas sistem, dan hal lain yang mempengaruhi kinerja.

Structural Health Monitoring

SHM memerlukan pengamatan sistem dalam waktu yang lama dengan bantuan sensor geoteknik, pengamatan pengukuran, dan penggalian fitur sensitif kerusakan untuk memastikan kondisi kesehatan sistem saat ini.

Pemantauan Kesehatan Struktural sangat penting untuk menghindari kecelakaan dan kegagalan serta kecelakaan mendadak, termasuk memantau lokasi konstruksi serta area dan aset terdekat. Rencana yang dipantau dengan baik membantu mengidentifikasi peringatan dini, yang mengarah ke lingkungan yang lebih aman dengan lebih sedikit kecelakaan.

Mari kita lihat berbagai keuntungan Pemantauan Kesehatan Struktural.

Keuntungan Pemantauan Kesehatan Struktural

Geotechnical Monitoring

Pemantauan kesehatan struktural (SHM) sangat penting karena:

  1. Memungkinkan Anda mengidentifikasi tanda-tanda kritis dan peringatan dan menyampaikannya kepada pihak berwenang terkait sebelum menjadi korban.
  2. Ini mencegah hilangnya nyawa manusia serta harta benda.
  3. Membuat Anda siap menghadapi kegagalan mendadak yang mungkin berakibat fatal jika tidak.
  4. Ini melindungi area dan struktur di sekitar lokasi konstruksi.
  5. Ini mengurangi biaya jangka panjang dan jangka pendek yang terkait dengan pemeliharaan struktural.
  6. Ini membantu untuk memahami perilaku struktur di masa depan dan merencanakan program pemeliharaan yang sesuai.
  7. Pemantauan kesehatan struktural membantu menentukan dampak bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dll. pada struktur.
  8. Ini memungkinkan Anda untuk membandingkan data yang diamati dengan asumsi desain.
  9. Ini membantu Anda menentukan efek operasi pada parameter seperti tegangan, regangan, air, tekanan, kemiringan, defleksi, dan rembesan air.

Solusi Instrumentasi & Pemantauan untuk Pemantauan Kesehatan Struktural

Data Logger

Mereka pada dasarnya adalah perangkat elektronik yang merekam data secara terus menerus dengan bantuan instrumen bawaan atau melalui antarmuka. Umur panjang pengoperasian data logger tergantung pada cadangan dan kapasitas memori.

Piezometer

Piezometer, juga dikenal sebagai pengukur tekanan air pori adalah instrumen geoteknik yang digunakan untuk memantau dan menentukan tekanan pori di pipa tegak, lubang bor, tanggul, urugan tanah gulung, dan antarmuka struktur penahan.

Ini adalah perangkat yang sangat penting karena menarik perhatian pada situasi yang berpotensi berbahaya yang mungkin memiliki efek buruk pada struktur, pondasi, dan pelengkapnya.

Inclinometer

Datang ke instrumen geoteknik lain yang sebagian besar digunakan untuk struktur seperti dinding penahan / diafragma, tumpukan, dll, inclinometer digunakan untuk tujuan mengukur besarnya kemiringan atau kemiringan dan variasinya terhadap waktu.

Extensometer

Ekstensometer banyak digunakan di dunia teknik sipil karena dirancang untuk pengukuran deformasi massa batuan dan tanah yang berdekatan/di sekitarnya.

Settlement Sensor

Settlement atau dalam artian penurunan pada strukur konstruksi pada gedung, terowongan, bendungan dll. Settlement yang ada pada konstruksi harus selalu diukur dengan monitor secara berkala. Hal ini dikarenakan setiap tanah yang dijadikan pijakan oleh struktur bangunan pasti akan mengalami penurunan.

Penurunan tersebut bisa saja disebabkan karena terjadinya perubahan volume pada air karena keluarnya air yang ada pada pori-pori tanah ( Consolidation Settlement ). Lalu penyebab lainnya adalah karena terjadinya penurunan yang disebabkan karena deformasi pada tanah yang basah dan kering dan tidak disertai perubahan pada kadar air di dalam tanah.